Hal-Hal Penting Dalam Membeli Makanan Anjing yang Harus Diperhatikan

Hal-Hal Penting Dalam Membeli Makanan Anjing yang Harus Diperhatikan

Membeli makanan anjing tak boleh dilakukan secara sembarangan ataupun berdasar akan coba-coba. Pasalnya bila makanannya tidak cocok, akan bawa kondisi yang tidak baik bagi si anjing. Anda sebagai pemiliknya pun akan merugi, apalagi bila makanan untuk anjing yang dibeli punya harga mahal tapi malah tidak cocok untuk si anjing. Oleh karena itulah harus diperhatikan beberapa hal penting ketika melakukan pemilihan makanan untuk anjing ini. Ketika Anda sudah memperhatikan beragam hal penting tersebut, pastinya akan didapatkan makanan yang pas yang bisa bikin anjing tumbuh sehat dan tumbuh dengan baik.

Hal-Hal Penting Dalam Membeli Makanan Anjing yang Harus Diperhatikan

Beragam hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli makanan untuk anjing ini adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Apa Jenis Anjing dan Bagaimana Aktivitas Sehari-Harinya

Perlu dipahami oleh para pemilik anjing bila setiap jenis, umur dan ukuran anjing ini akan memiliki kebutuhan yang berbeda pada nutrisinya. Misalnya untuk anak anjing akan butuh lemak ideal dan rasio protein yang tinggi guna membantu pertumbuhan. Untuk anjing yang dewasa yakni yang usianya 1-6 tahun akan butuh lemak dan protein yang lebih besar lagi. biasanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya ini, makanan untuk anjing kering yang pas. Sementara itu untuk anjing senior yang sudah berumur, carilah makanan yang memang punya banyak serat karena mampu mejaga kesehatan dan kebugaran tubuh anjing. Kebutuhan akan lemak dan juga protein bila dibandingkan dengan anjing dewasa akan lebih sedikit.

  • Perhatikan Bahan Baku Pembuat Makanannya

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah bahan baku untuk pembuatan makanan untuk anjing tersebut. Sangat disarankan untuk memilih makanan yang punya sumber bahan baku minimal dua asal daging yang berbeda. Selain itu, carilah makanan untuk anjing yang punya karbohidrat baik seperti dari biji-bijian. Hindari pemberian makanan yang punya karbohidrat dari biji-bijian bila anjing punya pencernaan yang sensitive. Akah lebih baik lagi bila makanan untuk anjing yang dipilih adalah makanan alami yang punya kandungan besar pada probiotik dan juga mineral. Anjing yang punya alergi pada hal tertentu harus ekstra selektif dalam pemilihan makanannya. PAstikan bahan baku pembuat makanan untuk anjing yang dipilih tidak punya bahan baku yang menjadi alergi anjing.

  • Perhatikan Jenisnya (Kering, Basah, Mentah)

Dalam makanan untuk anjing ini Anda akan disuguhkan pilihan makanan yang kering, mentah atau basah. Yang paling terjangkau soal harganya adalah makanan untuk anjing yang tipe kering. Kebutuhan protein dan sayur yang diperlukan anjing bisa disediakann oleh jenis makanan yang satu ini. Kekurangannya adalah untuk jenis makanan untuk anjing kering ini, Anda perlu untuk menambahkan makanan yang mentah atau basah agar nutrisi yang dibutuhkan bisa tercukupi dengan baik. Untuk jenis yang basah, akan mengandung bahan pengawet walaupuh hanya sedikit. Kandungan akan lemak dan juga proteinnya pun tinggi. Terakhir, untuk makanan untuk anjing mentah, umumnya memerlukan proses pengolahan untuk dimasak terlebih dahulu sebelum anjing memakannya. Hal ini disebabkan karena jenis yang satu ini masih mentah dan dijualnya dalam bentuk beku.

  • Perhatikan Apakah Anjing Tengah Hamil atau Menyusui

Anda tak boleh sembarangan membelikan makanan untuk anjing yang tengah hamil atau menyusui. Alasannya karena anjing ini akan butuh energy lebih yang tak bisa diperoleh lewat makanan yang sembarangan.  Anjing yang tengah hamil butuh karbohidrat yang dcukup dan suplemen protein. Sementara itu yang sedang menyusui perlu makanan kandungan probiotik, karbohidrat dan protein yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *