Coban Talun, Wisata di Malang yang Sedang Hangat Diperbincangkan

Coban Talun, Wisata di Malang yang Sedang Hangat Diperbincangkan

Jika Anda berlibur di kawasan Batu, Malang jangan Anda lupa untuk berkunjung ke kawasan wisata Coban Talun. Coban Talun ini merupakan sebuah wisata di Malang yang menghadirkan pesona air terjun terindah.

Tempat wisata ini masih sangat alami. Butuh perjuangan yang cukup menguras tenaga untuk sampai di air terjun tersebut. Namun semua perjuangan Anda akan terbalaskan sesampainya di tempat wisata dengan keindahan yang ditawarkan dan banyaknya spot fotografi yang dihadirkan.

Mengenai seperti apa wisata Air Terjun Talun di Malang, berikut ulasan selengkapnya untuk Anda. Dijamin pengalaman yang tak ada duanya akan Anda temukan!

Lokasi dan Rute Wisata di Coban Talun

Coban Talun, Wisata di Malang yang Sedang Hangat Diperbincangkan
coban talun

Air Terjun Talun atau yang dikenal sebagai Coban Talun memiliki alamat lokasi di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Anda yang ingin menuju ke kawasan ini bisa menempuh dengan dua cara.

Cara yang pertama dengan menggunakan kendaraan pribadi dan cara yang kedua dengan menggunakan transportasi umum atau naik travelz. Bagi Anda yang ingin ke Air Terjun Talun dari arah Surabaya bisa mengarahkan kendaraan Anda ke Mojokerto.

Kemudian nantinya ketika Anda bertemu dengan pertigaan yang tengahnya terdapat Tugu Adipura, letaknya tepat berada di bagian tengah jalan. Selanjutnya Anda belok ke Jalan Arilangga. Darisana Anda akan dibimbing dengan berbagai papan petunjuk yang sudah banyak tersedia.

Bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, jika dari luar kota bisa menggunakan kereta api atau juga bisa menggunakan moda transportasi berupa bus. Jika Anda menggunakan kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Malang kemudian bisa menggunakan angkutan untuk menuju ke Terminal Arjosari. Selanjutnya Anda beralih dengan menggunakan angkot menuju ke Terminal Landungsari.

Dari terminal Landungsari, Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan angkutan menuju ke Terminal Batu. Setelah itu pilih angkutan dengan warna orange yang akan mengantarkan Anda ke Selecta dan juga tempat wisata air terjun ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke air terjun tentu Anda akan dikenai tiket masuk. Lantas, berapa harga tiket masuk untuk satu orang ke Coban Talun?

Mengenai harga tiket masuk ke kawasan air terjun dibanderol sebesar 10 ribu rupiah. Selain membayar biaya tiket masuk, Anda juga harus menyiapkan dana untuk membayar uang parkir sebesar 10 ribu rupiah bagi pengguna mobil dan sebesar 5 ribu rupiah bagi pengguna motor.

Bagi Anda yang ingin masuk ke dalam kawasan Apache Camp, Anda harus merogoh lagi kocek Anda sebesar 5 ribu rupiah. Namun di Apache Camp, pastinya banyak landscape fotografi yang Anda bisa manfaatkan untuk berselfie atau wefie.

Spot Fotografi di Coban Talun

Air terjun

Karena Coban Talun merupakan tempat wisata berupa air terjun yang menjadi landscape utamanya, maka tentu kurang afdhal jika Anda tidak berfoto dengan background air terjun Talun. Air terjun yang sangat spektakuler akan Anda temukan.

Air terjun tersebut memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 75 meter diatas ketinggian 950 mdpl. Sementara untuk curah hujannya berada di kawasan 1800 mm/ tahun. Suasana alam yang segar dan asri akan Anda rasakan ketika berwisata di air terjun ini.

Di air terjunnya, Anda tidak hanya bisa berfoto. Anda bisa bermain air dan basah – basahan. Namun pastikan jika Anda berniat basah – basahan di air terjunnya, Anda bawa baju ganti agar pulang tidak mengalami masuk angin.

Pesona hutan

Kawasan Air Terjun Talun merupakan kawasan air terjun yang berada di hutan. Karena itu berfoto dengan background hutan lindung sangat dianjurkan. Hutan yang berada di kawasan coban ini merupakan hutan campuran antara pinus dengan kawasan hutan rimba.

Kebun Bunga

Setelah Anda puas menikmati air terjun, kini waktunya Anda menikmati suasana berbeda di kebun bunga. Lokasi kebun bunga tidak jauh dari Coban Talun. Dari kawasan air terjun, terdapat berbagai macam bunga dengan warna – warni yang sangat menarik.

Bunga – bunga tersebut bisa Anda jadikan sebagai salah satu spot foto. Terlebih lagi, tempat tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Banyak banget pasangan yang melakukan sesi foto prewedding disana.

Seperti yang selama ini kita tahu bahwa untuk prewedding, banyak orang memilih tempat – tempat yang romantis dan mengesankan. Jadi bisa dibilang bahwa taman bunga yang ada di Air Terjun Talun memiliki suasana yang romantis sehingga cocok untuk dijadikan spot prewedding.

Apache Camp dan Pagupon Camp

Selanjutnya ada spot yang namanya Apache Camp dan Pagupon Camp. Keduanya merupakan penginapan dengan suasana yang menyenangkan dan nuansa yang berbeda.

Apache Camp merupakan penginapan dengan konsep perkampungan ala Suku Indian. Perkampungan ini sangat menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa merasakan bagaimana bedanya penginapan antara menginap di camp suku Indian dan hotel biasa.

Jangan Anda lupa juga untuk membawa jaket tebal ketika berlibur di coban ini karena udara malam hari terasa sangat dingin. Walau di penginapannya disediakan selimut, tetap saja Anda perlu membawa jaket untuk Anda gunakan berjaga – jaga jika sekiranya selimut yang disediakan tidak mampu memberikan Anda kehangatan.

Di Apache Camp juga tersedia banyak oleh – oleh khas suku Indian yang Anda bisa bawa pulang. Harganya terjangkau sehingga cocok sebagai oleh – oleh atau kenang – kenangan setelah pulang nanti.

Sementara Pagupon Camp merupakan suatu model penginapan unik dengan bentuk sangkar burung. Jumlahnya ada 5 buah saja. Di Pagupon Camp, tersedia berbagai macam fasilitas yang lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir soal fasilitas yang disediakan. Anda akan menginap dengan nyaman di Apache Camp atau Pagupon Camp.

Berfoto ketika bermain ATV

Anda juga bisa bermain ATV lho di air terjun ini.  Anda bisa berkeliling dengan ATV. Untuk merasakan sensasi berkeliling menggunakan ATV, Anda harus sewa ATV tersebut. Biaya sewanya cukup murah.

Anda bisa sewa ATV hanya dengan budget sekitar 30 ribu rupiah saja untuk 15 menit. Anda bisa puas keliling tanpa berkeringat dengan ATV yang Anda sewa. Anda pun bisa berfoto ketika naik ATV. Pastikan pengalaman wisata Anda sempurna selama di air terjun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *